Aksi 313 Menuntut Empat Hal Supaya Dipenuhi Agar Demo Berjalan Lancar


Bacateratas - FUI sebut Demo 313 Tertib, asal Dipenuhi dengan 4 Tuntutan – Forum Umat Islam (FUI) akan menggelar aksi pada 31 Maret alias aksi 313. FUI memastikan aksi itu akan berjalan dengan tertib dan damai.

“Ini merupakan aksi damai, tidak ada setting untuk ricuh walaupun di medsos sudah ramai mau ricuh. Kita aksi damai, jelas, terbuka, transparan, tidak ada yang ditutupi, aksi ini akan berjalan damai,” ujar Sekjen FUI Muhammad Al-Khaththath di Masjid Baiturrahman, Jalan Dr Saharjo, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2017).

Aksi ini berisi tuntutan agar Presiden Jokowi Widodo memberhentikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) karena dianggap melakukan penistaan agama. Al-Khaththath pun sebagai penanggung jawab aksi berharap Presiden dapat menerima perwakilan FUI.

“Mudahan-mudaham Istana membuka pintunya untuk delegasi dari wakil peserta aksi untuk berdialog dengan peserta aksi, untuk menyampaikan tuntutan umat dan rakyat Indonesia terkait UU 23 2014 pasal 23 UU Pemda, di mana bahwa Presiden berkewajiban menjalankan UU yaitu seorang terdakwa harus diberhentikan dari jabatannya, sudah ada preseden memgenai hal itu. Itu tuntutan kita,” tuturnya.

Rencananya, aksi akan dimulai setelah salat Jumat di Istiqlal, kemudian long march ke depan Istana. FUI menjamin aksi ini akan bubarpada pukul 17.00 WIB sore. Setelah itu akan dilanjutkan dengan salat magrib berjemaah di beberapa titik.

“Untuk aksi besok tidak langsung bubar di Istana tetapi peserta aksi pulang bareng menuju titik yang ditentukan untuk salat magrib bersama,” imbuh Al-Khaththath.Sementara itu, wakil koordinator lapangan aksi 313, Irwansyah, menuturkan pengamanan aksi telah dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan mengantisipasi aksi ditunggangi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

FUI mempunyai tuntutan kepada pemerintah pada demi esok hari dan supaya demo lebih tertib, tuntutan tersebut antara lain :

1. Terdakwa penista Al-Quran Ahok masih bebas berkeliaran padahal terdakwa kasus serupa segera ditangkap dan dijebloskan dalam penjara.

2. Bahkan penista agama Ahok masih jumawa dengan tetap menjabat sebagai gubernur, padahal terdakwa serupa langsung dicopot darijabatannya.

3. Poin-poin di atas yang telah melecehkan masyarakat Islam dan menghilangkan rasa keadilam yang ini tidak bisa dibiarkan.

4. Oleh karena itu, aksi bela Islam 313 dibuat oleh para pimpinan ormas dan seluruh komponen alumni 212 untuk menuntut kepada Presiden Joko Widodo agar melaksanakan UU dengan mencopot gubernur terdakwa Ahok dari jabatannya.

Demo boleh boleh saja asalkan tertib dan aman, tapi kalau dilihat lihat memang bahwa demo ini terkesan dipaksakan, Ahok sudah diproses hukum, bahkan ia ditetapkan sebagai tersangka secara kilat, apalagi yang kurang.


0 Response to "Aksi 313 Menuntut Empat Hal Supaya Dipenuhi Agar Demo Berjalan Lancar"

Post a Comment